Pada senin-selasa, 10-11 Desember 2018 diadakan evaluasi Akhir hibah Kemenristek Dikti dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) 2018. Kegiatan tersebut dipusatkan di perpustakaan dan ruang apung UI depok. Diseminasi pengabdian masyarakat (pengmas) tersebut memiliki lima tema a) produk unggulan, b) IPTEKES, c) kemitraan, d) UI Peduli Aksi, dan e) UI Peduli Kajian. Pada UI Peduli kajian strategik diikuti 53 peneliti dari berbagai fakultas dan sekolah di UI.

Salah satu hasil penelitian kajian strategik mengenai hilirasasi timah yang diketuai oleh Dr Adis Imam Munandar dari Sekolah Kajian Stratejik Global UI. Dosen UI dibidang ketahanan nasional tersebut mencetuskan konsep panca helix dalam hilirisasi timah. Hasil penelitian tersebut diangkat menjadi buku dengan judul “Stratejik Hiliriasi Mineral Timah: Perspektif Ketahanan Ekonomi.

Menurut Dr Adis, “Panca helix sejalan dengan serumpun sebalai”. Salah satu kendala dalam hilirisasi timah adalah konsistensi dalam menerapkan UU No.4 Tahun 2009. Olah karena itu pendekatan colaborative advantage perlu dilakukan sesama pemangku kepentingan. Lebih lanjut Dr Adis mengatakan “Buku Stratejik Hiliriasi Mineral Timah: Perspektif Ketahanan Ekonomi dapat dijadikan rujukan untuk kajian stratejik hilirisasi secara umum.” Buku tersebut diterbitkan oleh penerbit Bypass dan dapat dipesan online di web www.bukubukularis.com.